Sejarah Motif Batik Trusmi Cirebon Medan Bandung Jakarta Dan Surabaya

Kampung Batik Trusmi adalah salah satu desa penghasil batik di daerah cirebon yang juga merupakan tempat wisata kuliner yang terkenal. desa trusmi yang terletak di kecamatan plered, cirebon dan sekitarnya sudah memiliki tenaga kerja yang cukup banyak yaitu sekitar 3000 orang. Batik di desa trusmi ini juga terbentuk tidak lepas dari peranan Ki Gede Trusmi yang merupakan pengikut setia dari sunan gunung jati yang mengajarkan ajaran islam dan tidak lupa mengajarkan seni membatik pula.

Hingga saat ini masih rutin di adakan  upacara cukup khidmat, upacara Ganti Welit (atap rumput) dan Ganti Sirap, jadi tidak heran kalau makam daru Ki gede Trusmi masih terawat. karena tingginya minat terhadap batik trusmi dari berbagai masyarakat indonesia menjadikan banyaknya showroom di sepanjang jalan utama di desa trusmi. bahkan saat ini sudah tersedia Showroom dalam bentuk online.

Batik Trusmi asli cirebon ini telah berhasil menjadi icon dari batik indonesia. batik cirebon  merupakan  tergolong dalam golongan pesisir tetapi ada juga yang beranggapan bahwa batik cirebon merupakan batik keraton karena pada zaman dahulu di cirebon terdapat dua buah keraton yaitu Keratonan Kasepuhan dan Keraton Kanoman.

Banyak yang beranggapan kedua keraton ini menghasilkan banyak sekali jenis batik yang hingga saat ini masih di produksi di kamung trusmi seperti Mega Mendung, Paksinaga Liman, Patran Keris, Patran Kangkung, Singa Payung, Singa Barong, Banjar Balong, Ayam Alas, Sawat Penganten, Katewono, Gunung Giwur, Simbar Menjangan, Simbar Kendo, dan lain-lain.

Alamat Kampung Batik Trusmi


Address: Jl. Syekh Datul Kahfi, Plered, Cirebon, Jawa Barat 45154, Indonesia
Phone:+62 815-6469-0003
Hours: Open today · 8:00 AM – 8:00 PM

Artikel PanduanCantik.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top