Sejarah Makna Motif Batik Sidomukti Magetan Solo Jogja Tebet Dan Jakarta

Motif Batik Sidomukti Menjadi Salah Satu Corak Batik Yang Banyak Dicari Oleh Orang Indonesia. Anda pasti sudah tahu dengan batik yang satu ini, batik sidomukti/ sawitan (sepasang).Batik ini biasanya di pakai pada saat seseorang sedang melakukan pernikahan sebelum seorang perempuan dan pria akan melanjutkan kehidupannya membentuk rumah tangga bersama. Batik sidomukti terdiri dari dua kata yaitu sido yang berarti terus menerus sedangkan mukti berarti hidup berkecukupan dan berbahagia. selain batiknya yang bagus ternyata batik ini mempunyai filosofi yang sangat menarik untuk kita ketahui. yuk simak, apa sih hal yang menarik tentang batik sidomukti ini.

Batik sidomukti ini memang sejak dulu sudah bersifat sakral. para pembatik akan melakukan Puasa dan doa pada saat membuat batik ini, hal ini bertujuan agar bagi pasangan pengantin yang mengenakan kain batik ini akan memperoleh kebahagiaan yang sempurna, dilanggengkan kehidupannya dan dimudahkan rejekinya. dalam batik sidomukti ini motif batik ukel adalah motif yang paling penting, motif ukel ini akan semakin tinggi nilai seninya apabila ukurannya semakin kecil.ada juga motif lain yang tidak kalah penting adalah motif batik gurda, kupu kupu dan kereta pengantin yang di tandu dengan bahu. makna dari batik sidomukti adaah agar pasangan pengantin yang mengenakannya memperoleh kebahagiaan lahir batin setelah menikah dan tentunya selalu di lancarkan rezekinya.

Sejarah Makna Motif Batik Sidomukti Magetan Solo Jogja Tebet Dan Jakarta Harga Kain Bahan Dan Penjelasanya Untuk Pengantin Magetan dan Jogja


Sedangkan motif pada batik sidomukti ini mengandung makna kemakmuran. Orang selalu mendambakan mempunyai hidup yang makmur di dunia maupun akherat. Orang hidup di dunis mencari kemakmuran dan ketentraman. walaupun tidak mudah di capai setiap orang dapat berusaha, menahan hawa nafsu, tidak merugikan orang lain dan sebagainya. agar dirinya merasa makmur lahir batin. Kehidupan untuk mencapai kemakmuran lahir dan batin itulah yang juga menjadi salah satu acuan yang harus di lakukan untuk mencapai kehidupan yang makmur yang sekaligus sebagai dambaan masyarakat pada umumnya.

Artikel PanduanCantik.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top