33 Desain Baju Busana Motif Batik Papua Dan Penjelasan Makna Sejarah Filosofinya

Batik Papua Merupakan Salah satu Jenis Kain Tradisional Khas Papua Yang Terkenal Di Dunia. Batik memang identik dengan jawa, khususnya lagi yogyakarta. Ada yang beranggapan bahwa batik hanyalah berasal dari daerah jawa saja, tetapi hal ini salah. sebenarnya setiap daerah memiliki batik khasnya sendiri sendiri. tak luput dari itu daerah indonesia paling timur yaitu Papua ternyata juga memiliki batik khas juga, kualitasnya tidak kalah dari batik jawa. corak, motif dan bahan yang di gunakan juga unik. motif serta corak yang terdapat pada batik papua terinsppirasi dari unsur budaya dan alam di sana sehingga akan nampak indah, elegan dan anggun.

Batik khas dengan warnanya yang cenderung gelap dan kalem, tetapi tidak dengan batik papua ini. batik khas papua di kenal memmiliki warna yang cerah seperti merah, hijau dan kuning. corak panel, burung cenderawasih, motif khas suku Asmat dan orang papua adalah beberapa contoh yang umum di pakai pada batik khas papua. Jadi tidak heran kalau  Batik papua ini relaif lebih mahal dari pada batik pada umumnya karena bahan yang di gunakan mempunyai kualitas yang cukup tinggi.

Motif pada batik papua ini di bentuk asminetris dengan warna warna yang cerah, hal ini tidak seperti batik jogja atau solo yang kerap di buat dengan motif simetris. Motif karomo adalah salah satu motif yang unik pada batik papua yang merupakan simbol patung berdiri. ada juga motif asmat yang bergambarkan simbol patung kayu khas suku asmat. Sedangkan motif Sentani memiliki ciri-ciri gambar alur batang kayu yang dibuat melingkar-lingkar dengan kombinasi dua warna atau hanya menggunakan satu warna.


Di papua batik di bedakan menjadi beberapa jenis yaitu batik Prada dan Batik Biasa.Batik prada ini merupakan kain batik yang terdiri dari banyak motif dan divariasi dengan garis-garis emas.selain menggunakan sutra bahan lain yang biasanya digunakan untuk membuat batik adalah kain Shantung yang mirip sepeti tissue, katun dan sutra. ada juga bahan lain yaitu satin, tissue dan katun.Bahan satin dikenal dengan bahannya jatuh, tidak mudah kusut dan bahannya yang licin disatu permukaan.Tissue hampir sama dengan satin namun permukaannya agak sedikit lebih kasar.Memang bahan tissue ini merupakan bahan yang memiliki kualias rendah di bandingkan bahan lainnya dan tentunya lebih murah. Bahan yang paling banyak dalam pembuatan batik papua adalah katun, bahannya yang lembut dan mudah menyerap keringat membuatnya nyaman pada saat di gunakan.

Batik Papua juga tersedia dalam versi batik tulis dan batik cetak seperti batik pada umumnya. Batik tulis dibuat dengan cara tradisional dan memiliki nilai seni yang lebih tinggi tidak seperti batik cetak yang di buat dengan mesin cetak. Tentu saja kedua jenis ini memiliki kualitas yang jauh berbeda.

Artikel PanduanCantik.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top